Connect with us

Tech

Cara Memperbaiki Masalah “Encoding Overloaded” OBS

Published

on

Cara Memperbaiki Masalah “Encoding Overloaded” OBS

Atur OBS pada resolusi 1280×720, FPS 30, dan preset “supercepat” atau “ultracepat” untuk mengatasi “Encoding Overloaded.” Matikan Mode Game, bersihkan ruang disk, dan pertimbangkan program alternatif seperti Bandicam atau ShadowPlay untuk meningkatkan kinerja PC Anda.

Perbaiki “Encoding Overloaded” di OBS dengan meninjau pengaturan streaming dan matikan pengaturan video untuk melihat perbaikan.

Kurangi kualitas gambar yang dihasilkan

Kurangi resolusi video di OBS untuk meringankan beban CPU saat mengkodekan. Buka Pengaturan, pilih Tab Video, atur Resolusi Output, misalnya 1280 × 720. Restart komputer, mulai streaming, dan periksa apakah pesan “Encoding Overloaded” hilang. Cobalah Filter downscale untuk menyesuaikan keseimbangan kecepatan dan kualitas.

Kurangi resolusi keluaran

Frame rate lebih rendah

Kurangi frame rate di OBS untuk meringankan beban GPU saat streaming game. Buka Pengaturan – Video, pilih Common FPS Values, atur ke 30 atau kurang. Restart komputer, mulai streaming, dan periksa apakah peringatan hilang.

Kecepatan bingkai lebih rendah

Ubah preset pembuat enkode

Ubah prasetel encoder di OBS untuk mengoptimalkan keseimbangan antara beban CPU dan kualitas video. Buka Pengaturan, navigasi ke tab Output, dan centang Pengaturan Encoder Lanjutan. Pilih Software (x264) sebagai encoder, lalu atur Prasetel Encoder seperti “ultrafast” atau “superfast” untuk mengurangi beban CPU secara signifikan. Pastikan PC memiliki kapasitas CPU yang memadai.

Ubah preset pembuat enkode

Coba pengkodean hardware

Coba encoder perangkat keras di OBS, seperti AMF, Quicksync, atau NVENC, untuk mengurangi beban CPU. Di Pengaturan – Output – Streaming – Encoder, atur Output Mode ke Advanced, dan pilih encoder perangkat keras yang diinginkan, contohnya QuickSync H.264.

Coba pengkodean perangkat keras

Meskipun encoder berbasis GPU memberikan kualitas lebih rendah, mereka enteng pada CPU. NVENC menunjukkan kualitas mendekati x264 pada preset sangat cepat, sedangkan AMF mungkin memiliki kinerja kurang baik, terutama jika GPU terbebani merender game.

Pastikan mengoptimalkan pengaturan ICQ antara 20 hingga 23 untuk hasil terbaik. Jika opsi Quicksync tidak muncul, aktifkan iGPU di BIOS.

Optimalkan PC Anda untuk kinerja yang lebih baik

Optimalkan kinerja PC Anda jika tips sebelumnya tidak memadai. Pastikan perangkat keras cukup kuat untuk game dan streaming, dan pertimbangkan pengoptimalan khusus untuk permainan.

Periksa sumber rekaman

Periksa pengaturan sumber rekaman untuk menghindari beban CPU berlebih. Pastikan webcam atau kartu tangkap video (capture card) diatur pada resolusi yang wajar, sekitar 480p, kecuali jika membutuhkan tampilan layar penuh. Juga, perhatikan sumber browser yang mungkin memiliki skrip (kode program) dan animasi kompleks, karena hal ini dapat meningkatkan beban sistem secara signifikan.

Tutup aplikasi tambahan di latar belakang

Tutup aplikasi tambahan di latar belakang, seperti game bar Windows, Discord, atau Nvidia Overlay, yang mungkin menyebabkan konflik dengan OBS. Disarankan menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Pastikan juga menutup semua program tidak perlu saat game dan streaming. Gunakan “taskmgr” untuk mengakhiri tugas dan “appwiz.cpl” untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

Periksa sumber rekaman

Kosongkan ruang disk

OBS membutuhkan ruang pada hard drive selain dari RAM. Kelebihan pengkodean mungkin terjadi karena kurangnya penyimpanan lokal. Setelah menghapus aplikasi tak terpakai, lakukan pembersihan disk: tekan Windows + E, klik kanan pada drive yang dipilih, buka Properti, dan pilih tab Umum. Lakukan Pembersihan Disk, restart komputer, dan mulai streaming untuk memastikan apakah peringatan “Encoding Overloaded” telah hilang.

Kosongkan ruang disk

Ubah prioritas proses

Maksimalkan penggunaan daya CPU dengan meningkatkan prioritas OBS di Pengelola Tugas. Temukan proses OBS, klik kanan, dan atur prioritasnya ke tingkat lebih tinggi, seperti “Di atas normal,” untuk mengatasi kelebihan beban CPU.

Ubah prioritas proses

Matikan mode permainan

Jika Anda berencana bermain dan melakukan streaming secara bersamaan, sebaiknya nonaktifkan Mode Game. Ini disarankan karena Mode Game bisa terlalu agresif, memberikan prioritas CPU untuk game dan menyisakan sedikit ruang bagi OBS untuk memproses video streaming atau rekaman. Nonaktifkan Mode Game dengan menekan tombol Windows + I, ketik “mode game” di kotak pencarian, dan nonaktifkan Mode Kontrol Game untuk mengoptimalkan kinerja PC saat bermain dan melakukan streaming.

Tingkatkan hardware Anda

Masalah mungkin disebabkan oleh perangkat keras yang tidak mampu menangani streaming dan bermain game secara bersamaan. Trik di atas mungkin tidak efektif atau malah merugikan kualitas streaming. Untuk perekaman dan streaming game, pastikan memiliki prosesor yang solid dengan 6 atau 8 inti, seperti Intel i5 atau i7 generasi ke-7 hingga ke-9, atau AMD kelas menengah seperti model 3700X. Perhatikan juga GPU Anda; jika sudah usang, pertimbangkan untuk memperbarui guna mengatasi masalah kelebihan pengkodean.

Cobalah aplikasi alternatif

Jika Anda mengalami masalah dengan OBS, cobalah Bandicam, ShadowPlay, atau Fraps untuk melakukan streaming.

 

Kesimpulan

Atasi peringatan “Encoding Overloaded” di OBS dengan mengubah pengaturan seperti resolusi, kecepatan frame, atau menggunakan pengkodean perangkat keras. Periksa sumber rekaman, tutup program tambahan, bersihkan disk, dan atur prioritas proses OBS. Jika tidak berhasil, coba program alternatif seperti Bandicam, ShadowPlay, atau Fraps. Bagikan umpan balik Anda untuk terus meningkatkan kualitas. Ada pengalaman pribadi atau pertanyaan lebih lanjut yang ingin Anda bagikan?

Pertanyaan yang sering diajukan

Bagaimana cara memperbaiki Encoding Overloaded di OBS?

Kelebihan pengkodean terjadi ketika CPU tak mampu menangani proses pengkodean. Solusi mungkin termasuk:

  • Kurangi resolusi keluaran Anda
  • Kecepatan bingkai lebih rendah
  • Ubah preset pembuat enkode
  • Coba pengkodean perangkat keras
  • Periksa sumber rekaman
  • Tutup program tambahan di latar belakang
  • Ruang disk kosong
  • Ubah prioritas proses
  • Matikan Mode Permainan
  • Tingkatkan hardware Anda
  • Cobalah program alternatif

Mengapa masalah Encoding Overloaded terjadi di OBS?

CPU lemah bisa sebabkan kelebihan pengkodean di OBS, memperlambatnya dan munculkan pesan error.

Apa itu Encoding Overloaded?

Encoding Overloaded sering terjadi ketika merekam layar dengan resolusi tinggi menggunakan OBS. Artikel kami mencakup beberapa alternatif untuk memperbaiki masalah ini.

Bagaimana cara menurunkan penggunaan CPU saya di OBS?

  • Buka Pengaturan, navigasi ke tab Video, lalu kurangi resolusi keluaran.
  • Kemudian pilih Common FPS Values & pilih 30 atau kurang.
  • Buka tab Keluaran. Pilih preset encoder supercepat/ultracepat.
  • Kemudian klik Streaming. Dalam daftar Encoder pilih X264 atau NVENC.

Bagaimana cara menurunkan kecepatan frame di OBS?

  1. Buka Pengaturan, pilih tab Video. Pilih Common FPS Values, setel ke 30 atau kurang.
  2. Klik Oke.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending