Connect with us

Tech

Hindari Kesalahan 0x80070643 Saat Memperbarui Windows

Published

on

Hindari kesalahan 0x80070643 saat memperbarui Windows
Hindari kesalahan 0x80070643 saat memperbarui Windows

Sistem yang terupdate penting untuk menjaga keamanan dan performa komputer. Namun, ada kalanya update gagal karena masalah jaringan, konfigurasi, atau aplikasi berbahaya. Artikel ini membahas apa penyebab dan cara mengatasi error 0x80070643 saat update Windows.

Error ini bisa menyebabkan masalah, terutama saat update patch keamanan Windows, yang membuat komputer tidak bisa mendapatkan versi sistem operasi terbaru. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa penyebab dan cara mengatasi error ini di komputer kita.

Mengapa muncul error 0x80070643 saat memperbarui Windows?

Error 0x80070643 adalah error yang sering muncul saat update Windows dan biasanya disebabkan oleh driver yang bermasalah. Jika Anda baru saja menginstal perangkat baru, mungkin ada driver yang tidak cocok dan harus diperbaiki.

Di artikel ini, Anda akan mengetahui apa penyebab error ini, yang umumnya terkait dengan perangkat lunak yang rusak, instalasi program baru, update, atau aplikasi berbahaya yang menginfeksi Windows.

File rusak

File yang rusak dapat menyebabkan error di Windows, terutama setelah Anda menginstal program baru atau update. File yang rusak ini dapat menimbulkan error 0x80070643 saat Anda update Windows. Hal ini dapat terjadi jika komputer Anda mati tiba-tiba atau terganggu saat proses update. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa faktor ini terlebih dahulu sebelum mencari penyebab lain.

Kesalahan pengontrol

Kesalahan pengontrol dapat menjadi penyebab error Windows di PC Anda. Anda harus mencoba memperbarui driver secara otomatis atau manual untuk mengatasi masalah ini.

Jika ada driver yang tidak dapat diperbarui, Anda harus menghapusnya dan menginstal ulang dengan mengunduh firmware dari situs resmi pengembang. Dengan cara ini, Anda dapat memperbaiki driver dan menghilangkan error di komputer Anda.

Perangkat lunak perusak

Perangkat lunak perusak dapat menyebabkan masalah di Windows, karena ada aplikasi berbahaya yang dapat masuk ke komputer Anda lewat program atau email yang Anda unduh. Aplikasi berbahaya ini dapat menyebabkan error, tidak hanya membuat internet atau sistem operasi menjadi lambat.

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut

Setelah mengidentifikasi penyebab kesalahan 0x80070643, ikuti langkah-langkah untuk memperbaikinya sesuai dengan jenis pembaruan Windows yang dilakukan.

Cari file yang rusak

Atasi file rusak di Windows dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Terminal Windows sebagai Administrator dari Menu Mulai.
  • Jalankan `sfc /scannow` untuk memindai dan memperbaiki file rusak.
  • Restart komputer dan perbarui Windows lagi.

Mulai ulang Windows Installer

Anda bisa mencoba melakukan restart pada Windows Installer jika penginstalan mengalami masalah atau tidak berjalan dengan baik. Ini adalah langkah sederhana yang tidak membutuhkan instalasi program tambahan di komputer Anda.

Untuk melakukannya, Anda harus membuka Menu Mulai dan memilih Layanan. Di sana, Anda harus mencari “Penginstal Windows” di antara daftar layanan, lalu klik kanan dan pilih opsi Restart. Langkah ini akan me-restart penginstalan, sehingga Anda dapat melanjutkan proses pembaruan dan mengecek apakah error sudah teratasi.

Mulai ulang Penginstal Windows

Lakukan Pemindaian Aplikasi Berbahaya

Untuk menghindari masalah update Windows karena aplikasi berbahaya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Gunakan antivirus terpercaya, seperti Windows Defender, Avast, atau Bitdefender, untuk memindai dan membersihkan sistem Anda.
  • Pastikan program keamanan Anda selalu terbaru, terutama untuk sistem operasi dan perangkat Anda.
  • Jika ragu, gunakan alat analisis tambahan untuk memastikan keamanan.
  • Setelah komputer bersih, lanjutkan pembaruan Windows. Anda seharusnya tidak mengalami masalah lagi.

Periksa Potensi Gangguan Program

Antivirus, firewall, VPN, dan software baru bisa mengganggu pembaruan Windows. Pilih antivirus yang bagus dan periksa aplikasi yang bermasalah. Hapus atau nonaktifkan sementara jika perlu.

Unduh atau Perbarui .NET Framework

.NET Framework adalah komponen penting untuk aplikasi Microsoft di Windows. Masalah komponen ini bisa mengganggu pembaruan sistem. .NET Framework memberikan layanan penting, seperti:

  • Manajemen memori oleh CLR
  • Kompiler kode untuk interoperabilitas bahasa
  • Perpustakaan umum untuk operasi tingkat rendah
  • Perpustakaan aplikasi seperti ASP.NET, ADO.NET, WCF, dan WPF
  • Interoperabilitas bahasa melalui CIL dan CLR
  • Kompatibilitas versi dan penanganan konflik versi

Perbarui komponen ini dari situs Microsoft yang resmi dan aman. Ini penting untuk menghindari masalah pembaruan Windows.

Lakukan Pemindaian dengan CHKDSK

Jika cara lain tidak berhasil, cek kondisi disk drive dengan perintah CHKDSK. Buka CMD atau PowerShell sebagai administrator dan tutup semua yang berhubungan dengan disk drive. Ketik CHKDSK dan huruf disk drive yang ingin diperiksa (misalnya, C). Perintah ini akan memberi tahu Anda apakah ada kesalahan di disk drive. Tambahkan /F atau /R untuk memperbaiki kesalahan. Perintah ini bisa memakan waktu lama. Biarkan disk drive tidak digunakan saat proses berjalan. Gunakan /I atau /C untuk mempercepat proses, tapi dengan fungsi yang lebih sedikit.

Bersihkan sampah Pembaruan Windows

Cara mengatasi kesalahan 0x80070643:

  • Bersihkan folder distribusi perangkat lunak Pembaruan Windows.
  • Ikuti langkah-langkah ini:

1. Hentikan Pembaruan Windows:

  • Tekan Windows + R, ketik “services.msc,” lalu tekan Enter.
  • Cari “Pembaruan Windows,” klik kanan, dan pilih “Berhenti.”

2. Buka File Explorer:

  • Klik kanan ikon Start, pilih “File Explorer,” atau tekan Windows + E.

3. Navigasi ke Folder Distribusi:

  • Buka lokasi: C:WindowsSoftwareDistribution
  • Sesuaikan jalur jika instalasi Windows berada di drive selain C.

4. Hapus Isi Folder:

  • Di dalam “SoftwareDistribution,” pilih semua file dan folder, tekan “Del,” atau klik kanan dan pilih “Delete.” Konfirmasi penghapusan jika diminta.

5. Mulai Ulang Layanan Pembaruan Windows:

  • Kembali ke jendela “Layanan,” temukan “Pembaruan Windows,” klik kanan, dan pilih “Mulai.”

6. Cara Memperbaiki Kesalahan 0x80070643:

  • Buka “Pengaturan” > “Pembaruan & Keamanan” > “Pembaruan Windows” dan klik “Periksa pembaruan”.
  • Hapus file sementara di folder distribusi software Pembaruan Windows.
  • Restart layanan Pembaruan Windows dan jalankan pembaruan lagi.

Rekomendasi Tambahan

Setiap kali melakukan pembaruan Windows, potensi masalah selalu ada. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan langkah-langkah berikut jika situasi tersebut muncul.

1. Perbaikan Peralatan dengan Mudah:

  • Tidak hanya memungkinkan perbaikan peralatan, tetapi juga memfasilitasi pengoperasian cepat. Langkah-langkah sederhana dapat memberikan jaminan terhadap berbagai masalah. Selain solusi sebelumnya, pertimbangkan poin-poin berikut:

2. Selalu Perbarui Semuanya:

  • Memastikan semua sistem dan aplikasi diperbarui ke versi terbaru menghindari konflik yang mungkin timbul akibat versi berbeda. Ini penting untuk keamanan, kompatibilitas, dan kinerja optimal.

3. Ruang Hard Drive yang Cukup:

  • Pastikan hard drive memiliki ruang yang mencukupi. Kehabisan ruang bisa menjadi penyebab berbagai masalah. Sediakan ruang yang memadai untuk memastikan operasi sistem tanpa hambatan.

4. Antivirus yang Aktif:

  • Miliki antivirus yang terus aktif, seperti Windows Defender. Keamanan menjadi prioritas dengan alat yang terintegrasi secara default dalam sistem Microsoft.

5. Pentingnya Cadangan:

  • Buat cadangan sistem secara reguler. Ini memberikan titik dukungan jika terjadi masalah dengan pembaruan, memungkinkan pemulihan ke titik tertentu. Meskipun Windows menyediakan opsi untuk mengembalikan ke titik sebelumnya, cadangan memastikan keamanan data dan program.

6. Penanganan Kesalahan 0x80070643:

  • Jika menghadapi kesalahan 0x80070643, langkah-langkah sebelumnya dapat membantu memperbaiki masalah, apakah itu karena file yang rusak, gangguan software, atau keberadaan aplikasi berbahaya. Ikuti langkah-langkah tersebut untuk mengembalikan fungsionalitas sistem ke kondisi normal.

Kesimpulan

Ikuti saran kami untuk mengatasi kesalahan 0x80070643 saat update Windows. Pastikan sistem selalu terbaru untuk menjaga keamanan dan kinerja. Lakukan scan keamanan secara berkala untuk mencegah masalah.

Periksa perangkat lunak dan driver yang mungkin berkonflik saat update. Update dengan hati-hati dan pertimbangkan membuat cadangan sistem sebelumnya.

Bagikan pengalaman atau saran Anda dengan kami. Umpan balik Anda akan membantu kami belajar dan meningkatkan pengalaman update Windows. Apakah Anda punya pengalaman atau tips untuk mengatasi kesalahan update Windows? Kami tunggu pendapat Anda!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending