Connect with us

Tech

Nextcloud: 9 Cara Mengatasi Masalah Umum

Published

on

Nextcloud: 9 tips untuk masalah umum
Sumber gambar: IDG

Nextcloud memungkinkan Anda membuat cloud pribadi di server Anda sendiri. Anda tinggal memilih “solusi satu klik” dari penyedia hosting yang Anda pilih. Jika ada masalah saat mengatur Nextcloud, jangan khawatir. Saya punya beberapa tips dan trik untuk Anda.

1. Pulihkan file konfigurasi

Banyak pengguna merespons pesan dengan melakukan perubahan pada konfigurasi. Jangan lupa untuk selalu mendokumentasikan setiap perubahan secara terpisah dan menambahkannya secara manual setelah pembaruan. Hal ini penting untuk memudahkan pemahaman dan kelancaran pengelolaan sistem.

Catat dan masukkan secara manual perubahan konfigurasi setelah pembaruan. Ini penting untuk mempermudah pemahaman dan pengelolaan sistem yang efektif. Sumber gambar: IDG

Segera perbarui Nextcloud jika ada versi baru. Ini penting untuk stabilitas dan keamanan Nextcloud. Nextcloud akan menimpa file program dan konfigurasi saat pembaruan. Jika Anda ubah file ” .htaccess ” atau ” .user.ini “, simpan perubahan Anda di file lain, lalu salin ke file baru setelah pembaruan. Ini menjaga konfigurasi Anda tetap berjalan.

2. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan pembaruan?

Jika Nextcloud tiba-tiba macet saat melakukan pembaruan, sehingga sulit diakses, langkah pertama adalah memeriksa file "config" dan mengubah nilai mode pemeliharaan.

Jika Nextcloud macet ketika pembaruan, cek file “config” dan ubah mode pemeliharaan. Sumber gambar: IDG

Jika instalasi tidak bisa diakses dan mode pemeliharaan aktif, ikuti langkah ini:

  • Akses server via FTP/SSH dan buka file “config.php”.
  • Ubah “maintenance” dari “true” ke “false” dan simpan file.
  • Buka URL instalasi dan cek progress pembaruan. Ulangi pembaruan jika tersendat di langkah 3.
  • Hapus file “.step” di folder “data/updater-(kombinasi karakter)”.
  • Restart pembaruan. Edit file langkah manual jika perlu, tapi baca dokumentasi dulu.

3. Atur grup dan folder grup

Aplikasi "Folder Grup" di Nextcloud mempermudah pengelolaan folder grup, membuat pengaturan grup dan izin menjadi lebih simpel.

Dengan “Folder Grup” di Nextcloud, Anda bisa atur folder grup dan izinnya dengan mudah.Sumber gambar: IDG

Anda bisa menggunakan Nextcloud sendiri atau bersama orang lain. Jika bersama orang lain, Anda harus memikirkan cara mengatur folder dan berbagi data.

Nextcloud memungkinkan Anda membuat folder dan berbagi dengan pengguna lain. Anda bisa berbagi dengan individu atau grup. Jika Anda berbagi dengan grup, folder akan muncul di share semua anggota grup.

Buat grup sesuai keperluan Anda. Misalnya, organisasi lokal bisa punya grup dewan, anggota, dan parlemen. Sekolah bisa punya grup OSIS, manajemen, siswa, dan kelas.

Membuat grup itu mudah. Anda hanya perlu masuk sebagai administrator, buka “Pengguna”, klik “Tambahkan grup”, dan isi nama grup. Jangan lupa konfirmasi dengan kata sandi.

Anda juga bisa membuat folder grup dengan aplikasi “Folder Grup”. Anda bisa menetapkan hak akses grup di sini. Pengguna yang masuk grup akan bisa melihat folder grup di Nextcloud.

4. Impor kontak dan cocokkan di perangkat seluler Anda

Untuk mengimpor kontak, buka pengaturan buku alamat dan pilih tujuan impor. Kemudian, unggah file kontak Anda.

Untuk mengimpor kontak, buka pengaturan buku alamat dan pilih tujuan impor. Kemudian, unggah file kontak Anda.

Nextcloud adalah aplikasi yang memudahkan Anda menyimpan dan membagikan data pribadi Anda di server yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengurus kontak Anda dengan aplikasi “Kontak” di Nextcloud.

Anda bisa memindahkan kontak dari aplikasi lain ke Nextcloud dengan cara mengimpor file VCF atau vCard. File ini berisi data kontak yang Anda ekspor dari Google atau aplikasi lain. Anda harus menginstal modul impor kontak di Nextcloud terlebih dahulu.

Setelah Anda menginstal modul impor kontak, buka pengaturan Nextcloud dan klik “Impor Kontak”. Pilih file VCF atau vCard yang Anda simpan di komputer Anda. Nextcloud akan mengimpor data kontak Anda ke aplikasi “Kontak”.

Anda juga bisa menyinkronkan kontak Nextcloud dengan ponsel cerdas Anda. Caranya berbeda untuk perangkat Apple dan Android.

Untuk perangkat Apple, Anda harus menambahkan akun CardDAV di pengaturan perangkat Anda. Buka “Kontak”, “Akun”, “Tambah Akun”, dan “Lainnya”. Masukkan URL Nextcloud Anda dengan format “[domain.tld]/remote.php/dav/principals/users/[users]/”. Masukkan juga nama pengguna dan password Nextcloud Anda. Jika ada masalah, coba matikan “Gunakan SSL” dan ganti port menjadi “80”.

Untuk perangkat Android, Anda memerlukan aplikasi tambahan seperti DAVx5. Aplikasi ini bisa Anda beli di toko aplikasi. Aplikasi ini bisa menyinkronkan kontak Anda tanpa melibatkan Google. Anda harus menggabungkan DAVx5 dengan aplikasi Nextcloud. Pasang kedua aplikasi di ponsel Anda. Buka pengaturan DAVx5. Di aplikasi Nextcloud, pilih “Sinkronkan kalender & kontak”. Masuk ke akun Nextcloud Anda. Data Anda akan disinkronkan secara otomatis.

Ada juga aplikasi “Integrasi Google” di Nextcloud. Aplikasi ini bisa menghubungkan akun Google Anda dengan Nextcloud. Tapi data Anda tetap tersimpan di Google.

5. Sinkronkan janji temu Anda dengan ponsel cerdas Anda

Anda bisa memasukkan janji temu dari kalender lain ke kalender Anda, baik ke kalender pribadi atau kalender baru.

Anda bisa menambahkan janji temu dari kalender lain ke kalender Anda, baik itu kalender pribadi Anda sendiri atau kalender baru yang Anda buat.

Anda bisa lepas dari ketergantungan pada Google dan layanan lain dengan menyinkronkan data Anda ke Nextcloud. Ini langkah-langkahnya:

  • Unduh semua kalender Anda dari Google dalam bentuk file ZIP, lalu ekstrak file-file ICS di dalamnya.
  • Nyalakan kalender Nextcloud, lalu masukkan file-file ICS ke kalender yang sudah ada atau buat kalender baru.
  • Cek apakah ada ulang tahun yang sama, lalu hapus atau masukkan ulang kalender jika diperlukan.
  • Copy URL kalender Nextcloud, lalu paste ke aplikasi sinkronisasi di ponsel Anda.

6. Kontak dan janji temu tidak disinkronkan

Anda ingin menyinkronkan kalender dan kontak Anda dengan Nextcloud, tetapi mengalami masalah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini, seperti pengaturan server web, Nextcloud, atau klien yang salah. Anda bisa mencari cara mengatasinya di Internet dengan kata kunci yang sesuai.

Salah satu hal yang penting untuk diperiksa adalah file .htaccess di server Anda. File ini mengatur bagaimana server menangani permintaan dari klien. Jika Nextcloud Anda berada di subfolder, Anda harus menulis baris ini di file .htaccess:

Redirect 301 /.well-known/carddav /nextcloud/remote.php/dav
Redirect 301 /.well-known/caldav /nextcloud/remote.php/dav

Baris ini akan mengarahkan klien ke lokasi yang benar untuk menyinkronkan kalender dan kontak dengan Nextcloud. Anda hanya perlu memasukkan URL domain Anda, tanpa bagian yang lain.

Jika Anda menggunakan Apache dan mod_rewrite, Anda bisa juga menulis baris ini:

RewriteEngine on
RewriteRule .well-known/carddav /nextcloud/remote.php/dav/ [R=301,L]
RewriteRule .well-known/caldav /nextcloud/remote.php/dav/ [R=301,L]

Baris ini akan melakukan hal yang sama, tetapi dengan cara yang berbeda.

Untuk menyederhanakan pencarian klien untuk sinkronisasi Caldav dan Carddav di Apache, Anda dapat menggunakan modul Mod_Rewrite untuk menulis ulang URL.

Untuk menyederhanakan pencarian klien untuk sinkronisasi Caldav dan Carddav di Apache, Anda dapat menggunakan modul Mod_Rewrite untuk menulis ulang URL.

7. Filenya dari mana?

Untuk memuat data dari NAS Synology ke Nextcloud, Anda dapat menggunakan aplikasi yang mendukung akses WebDAV.

Untuk memuat data dari NAS Synology ke Nextcloud, Anda bisa menggunakan aplikasi yang mendukung akses WebDAV.

Anda ingin menyimpan dokumen Anda di cloud pribadi Anda. Anda harus menyiapkan cloud Anda dulu. Ada banyak pilihan cloud yang bisa Anda pilih.

Anda bisa menghubungkan file Anda dari cloud lain seperti OneDrive atau Google dengan aplikasi dari Nextcloud App Center. Aplikasi ini akan membantu Anda login ke cloud Anda dan mengakses file Anda.

Anda bisa juga mengakses file dari server FTP atau WebDAV dengan aplikasi “Dukungan Penyimpanan Eksternal”. Aplikasi ini akan menampilkan file Anda tanpa memindahkannya dari server asalnya.

Anda bisa menyinkronkan file dari Synology NAS ke Nextcloud dengan aplikasi Cloud Sync di NAS.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file di Nextcloud dan klik Pengaturan. Di sana Anda akan melihat URL WebDAV Anda. Salin URL tersebut.
  2. Instal Cloud Sync di NAS dan klik tanda plus. Pilih Webdav sebagai jenis sumber data.
  3. Masukkan URL WebDAV yang Anda salin, tetapi hapus garis miring terakhir. Masukkan username dan password Anda.
  4. Pilih folder NAS yang ingin Anda sinkronkan dengan Nextcloud.
Anda dapat menyinkronkan file di komputer Anda dengan Nextcloud menggunakan klien resmi untuk Linux, Windows, atau Mac OS.

Agar file di PC Anda tetap sesuai dengan Nextcloud, gunakan klien khusus untuk Linux, Windows, atau Mac OS.

Anda ingin menyimpan dokumen Anda dengan Nextcloud. Selain itu, Anda bisa gunakan klien desktop atau seluler Nextcloud.

Ada dua cara untuk mempercepat transfer data ke Nextcloud. Cara pertama, salin data ke folder Nextcloud di komputer Anda. Cara kedua, gunakan rsync untuk sinkronkan folder di media eksternal dengan Nextcloud. Tapi, file Anda mungkin tidak terlihat di browser Nextcloud. Ini karena Nextcloud memerlukan data di database untuk file-file itu.

Untuk membuat file Anda terlihat di browser Nextcloud, Anda perlu memperbarui database. Caranya, jalankan perintah ini:

occ files:scan

Gunakan pengguna “www” dari sistem. Setelah selesai, semua file akan muncul di sana. Tapi, ada distribusi yang punya nama pengguna yang berbeda. Lihat detailnya di dokumentasi Nextcloud (https://docs.nextcloud.com/server/latest/admin_manual/configuration_server/occ_command.html#file-operations-label).

8. Masalah dengan “direktori hantu”

Anda ingin menghapus folder di Nextcloud, tetapi folder itu kadang muncul lagi. Anda harus menghapus folder itu dari server. Selain itu, Anda bisa menggunakan konsol atau terminal.

rm -rf [Pfad]

Setelah menghapus folder, folder itu mungkin masih ada di Nextcloud. Anda harus menyuruh sistem memeriksa file-file lagi. Caranya, jalankan perintah ini di konsol:

  • sudo -u www-data php /var/www/nextcloud/occ maintenance:mode –on
  • sudo -u www-data php /var/www/nextcloud/occ files:scan –path=”[Pfad]”
  • sudo -u www-data php /var/www/nextcloud/occ maintenance:mode –off

Proses ini bisa memakan waktu, tergantung pada data Anda. Misalnya, memeriksa data 300 GB di Debian rata-rata membutuhkan lima menit.

Jika Anda menggunakan Ubuntu terbaru dan mengaktifkan Nextcloud saat instalasi, Nextcloud berada di folder “var/snap/nextcloud/current”.

9. Singkirkan file pola

Tip ini bukan hanya untuk memecahkan masalah, tetapi juga membuat sistem Anda lebih unik. Saat pengguna baru mendaftar, mereka akan menemukan file sampel di area pribadi mereka. File-file ini menjelaskan cara menangani berbagai jenis file. Sebagian besar pengguna akan menghapus file sampel ini. Jika Anda ingin aplikasi Files tetap kosong secara default, Anda dapat mengubah konfigurasi Nextcloud.

nano /var/www/nextcloud/config/config.php

Untuk menonaktifkan file sampel, Anda perlu menambahkan baris berikut ke file konfigurasi Nextcloud:

‘skeletondirectory’ => ”,

Setelah menyimpan file konfigurasi, aplikasi Files tidak akan lagi terisi secara otomatis dengan file sampel. Jika Anda mau membuat dokumen Anda tersedia untuk pengguna baru, Anda perlu menambahkan kunci ke entri “skeletondirectory”. Entri ini harus berada di luar direktori instalasi Nextcloud.

Untuk melakukannya, buat direktori baru di server dan berikan hak akses kepada pengguna web (www-data).

mkdir -p /var/nextcloud_defaultfiles
chown -R www-data:www-data /var/nextcloud_defaultfiles/

Untuk membuat dokumen Anda tersedia untuk pengguna baru, tambahkan baris berikut ke file konfigurasi Nextcloud:

‘skeletondirectory’ => ‘/var/nextcloud_defaultfiles/’,

Kesimpulan

Nextcloud adalah layanan cloud yang bisa Anda instal sendiri di server Anda dengan cara yang mudah dan aman. Anda dapat menyimpan dan berbagi data pribadi Anda, mengelola folder dan grup Anda, serta mengimpor dan menyinkronkan kontak Anda dengan perangkat seluler Anda. Namun, ada beberapa kendala yang mungkin Anda hadapi saat menggunakan Nextcloud, seperti pembaruan, konfigurasi, dan mode pemeliharaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan solusi yang telah saya sajikan dalam tulisan ini. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Nextcloud secara optimal dan efisien.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba Nextcloud? Jika tidak, Anda dapat memilih penyedia penyimpanan awan lainnya seperti Dropbox, Google Drive, atau OneDrive. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda menyimpan dokumen Anda di cloud yang aman dan terjamin. Terima kasih telah membaca tulisan ini. Silakan berikan komentar atau saran Anda di bawah ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending