Connect with us

Tech

Panduan Lengkap: Cara Mengatur Router di Rumah

Published

on

Cara menghubungkan WiFi di rumah: konfigurasi router
Cara menghubungkan WiFi di rumah: konfigurasi router

Ketika Anda memasang internet di rumah, teknisi akan memasang perangkat dan router, lalu mengaktifkannya. Anda bisa menggunakan WiFi langsung, atau menyesuaikan pengaturannya sendiri. Kami bisa membantu Anda belajar cara menyetel WiFi, atau Anda bisa melakukannya sendiri. Misalnya, Anda bisa membuat jaringan tamu, me-restart router, atau membuka port.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengatur WiFi

Setelah membeli dan menghubungkan produk ini, WiFi di rumah bisa langsung digunakan. Banyak fitur juga disediakan oleh operator fiber, jadi semuanya jadi lebih mudah.

  • Modem

Modem adalah alat yang merubah data dari jalur telepon, kabel serat optik, atau kabel koaksial menjadi sinyal digital. Sinyal digital tersebut dikirimkan ke router untuk ditransfer ke perangkat nirkabel. Meskipun biasanya operator layanan internet menyediakan modem saat mendaftar, ada orang yang beli sendiri agar tak bayar biaya bulanan dan punya modem pribadi.

  • Router

Router membantu membuat jaringan WiFi di rumah dengan menghubungkan perangkat nirkabel ke Internet. Router juga punya perangkat lunak yang disebut firmware untuk menjaga keamanan jaringan. Setelah modem menerjemahkan sinyal, router menyebarkannya agar bisa diakses oleh semua perangkat dalam jangkauan. Router terbaru seringkali menggabungkan modem di dalamnya, walaupun fungsinya tetap sama.

  • ONT dan CTO

Ont adalah alat untuk menghubungkan rumah atau lokasi baru ke kabel serat optik. CTO adalah kotak pelanggan yang terhubung dengan serat optik di setiap rumah. Pemasangan ONT tidak selalu diperlukan jika kita memilih operator dengan CTO di gedung yang sama. Namun, jika gedung hanya memiliki CTO dari perusahaan berbeda, pemasangan ONT jadi penting.

  • Kabel Ethernet

Kabel Ethernet adalah kabel tebal yang bisa kirim sinyal internet cepat langsung ke perangkat yang disambung pakai kabel. Misalnya, untuk menghubungkan perangkat ke router. Kalau punya repeater atau outlet Ethernet di rumah, bisa sambungkan perangkat lain, seperti TV pintar atau konsol, dengan kabel ini.

  • Perangkat nirkabel

Ketika mengatur WiFi di rumah, kita memerlukan perangkat nirkabel seperti ponsel, tablet, laptop, atau perangkat pintar lainnya untuk terhubung. Dengan WiFi, kita bisa terhubung dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa menggunakan kabel.

Cara masuk ke router

Cara masuk ke router

Untuk mengakses router dari komputer, pertama-tama Anda perlu tahu cara mengaksesnya. Buka Command Prompt di menu Start Windows, ketik “ipconfig”, dan cari “Gateway default” dengan nilai mungkin 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Catat nomor ini dan tuliskan ke browser untuk mencobanya.

Setelah mengetahui alamat router, bukalah browser pilihan Anda, dan tempelkan alamat router tersebut di bilah alamat URL. Portal akses ke router akan terbuka, dan Anda bakal diminta untuk menuliskan akun dan password Anda. Pastikan tidak bingung dengan SSID koneksi internet, seperti Vodafone098C, beserta password aksesnya.

Cara Masuk ke Router:

1. Buka internet browser.
2. Ketik alamat router.
3. Tekan enter.

Secara umum, semua router menggunakan pengguna “admin” secara default, kecuali jika sudah diubah. Pada router Vodafone, nama pengguna biasanya “Vodafone,” dan sandi akses bisa ditemukan di stiker di bagian belakang router, biasanya lebih pendek daripada kunci jaringan. Ini berlaku sampai Anda mengubah konfigurasi defaultnya.

Setelah login, langsung atur jaringan WiFi sesuai keinginan. Tiap router punya antarmuka sendiri, jadi ini panduan umum buat elemen penting yang harus dicari saat konfigurasi.

Tetapkan password

Begini caranya buat jaringan internet lebih aman dan gampang diingat:

1. Buka peramban, ketik 192.168.1.1 (IP router).
2. Gunakan info login, termasuk password.
3. Pergi ke Administrasi, klik “Pengaturan”, lalu “Pengaturan Keamanan”.
4. Pilih enkripsi WPA2-PSK [AES].
5. Ganti password baru dan klik simpan.

Rute sebelumnya bisa bervariasi bergantung pada router atau operator yang Anda gunakan. Tapi, intinya, Anda selalu bisa membuka IP melalui browser di komputer untuk mengubah pengaturan keamanan. Beberapa situasi bisa lebih sederhana: Anda bisa mengganti nama dan password dengan mudah. Cukup akses bagian yang sesuai.

  • Buka 192.168.1.1
  • Buka Wi-Fi
  • Ubah nama Wi-Fi (SSDI)
  • Ubah password
  • Pilih mode keamanan WPA2 AES
  • Simpan perubahan

Pilihlah password yang kuat agar orang jahat online tidak bisa login ke router tanpa izin. Semakin sulit, semakin bagus. Gunakan campuran angka, simbol, dan huruf besar atau kecil. Tapi, ingat saat mengatur WiFi atau menyambung dari perangkat baru, harus pakai password baru ini.

Siapkan Wi-Fi

Bagikan password dengan orang lain

Ketika teman datang ke rumah, mungkin mereka ingin tersambung ke WiFi. Anda bisa memberi mereka kata sandi WiFi, tapi itu bisa merepotkan. Ada cara lain untuk berbagi WiFi tanpa harus memberi mereka kata sandi.

Tombol WPS

Tombol WPS adalah tombol di router yang memungkinkan perangkat untuk tersambung tanpa perlu mengetik kata sandi. Cara ini praktis terutama untuk perangkat seperti printer. Tapi tidak semua router memiliki fitur ini. Pilih opsi ini dengan hati-hati karena bisa membuka WiFi kepada siapa pun, termasuk tetangga yang mencari Internet gratis. Beberapa produsen menggunakan istilah lain seperti Wi-Fi Simple Config, Playback Control (PBC), Push ‘n’ Connect, atau Quick Secure Setup (QSS). Pastikan perangkat dan router Anda kompatibel dengan fitur ini sebelum menggunakannya.

Buat kode QR

Opsi kedua adalah cara mudah membuat kode QR untuk berbagi WiFi. Gunakan aplikasi seluler untuk bikin kode QR dengan info jaringan WiFi. Setelah dibuat, kode QR bisa dicetak atau disimpan dalam galeri. Beritahu tamu untuk memindai kode QR tersebut menggunakan pembaca QR. Ini akan menyambungkan mereka ke jaringan WiFi tanpa perlu tahu kata sandinya. Beberapa router mungkin sudah punya opsi ini, tapi tidak semuanya.

Hasilkan kode QR untuk mengakses jaringan WiFi

Buat jaringan WiFi untuk tamu

Anda bisa membuat jaringan WiFi khusus untuk tamu jika tidak mau berbagi password WiFi utama. Ini bermanfaat saat ada banyak orang di rumah, seperti saat Hari Raya. Prosesnya cepat dan sederhana.

Begini langkahnya:
1. Buka browser di PC, ketik alamat IP router (biasanya 192.168.1.1).
2. Masuk ke router pakai nama pengguna dan password.
3. Klik “Buat jaringan WiFi baru”.
4. Pilih dan klik “Tamu Nirkabel”.
5. Jaringan tamu langsung aktif, lalu bisa diatur sesuai keinginan.

Anda bisa ciptakan jaringan unik dengan perangkat terisolasi dan sandi akses tamu yang mudah diingat. Ini mempermudah tamu tanpa kesulitan, dan jika diperlukan, Anda dapat menghapusnya setelah penggunaan selesai.

router-2

Sembunyikan jaringan WiFi

Terapkan kata sandi kuat dan sembunyikan WiFi untuk melindungi jaringan dari penyusup.

sembunyikan WIFI

Lindungi jaringan dengan mengontrol kendali untuk mencegah penyusup

Lindungi WiFi dengan mengatur kontrol akses melalui pemfilteran MAC di router. Atur daftar alamat MAC yang diizinkan tanpa perlu keahlian khusus. Ingat, ini melindungi dari penyusup jika perangkat terhubung dengan kabel ke router punya izin; kalau tidak, cukup putuskan kabel untuk blokir akses Internet.

Perbarui firmware

Perbarui firmware router secara rutin untuk perbaiki bug, tingkatkan keamanan, dan tambahkan fitur baru. Cari opsi pembaruan di menu konfigurasi router, instal pembaruan segera, dan periksa secara teratur untuk keamanan maksimal.

Mulai ulang router

Perbaiki kinerja router dengan mudah: restart perangkat, tunggu sebentar sampai proses berhenti, atau lakukan melalui pengaturan di browser dan alamat IP.

Matikan perangkat dengan menekan tombol belakang, cabut kabelnya, dan tunggu 20 detik. Sambungkan kembali, nyalakan, dan setelah beberapa menit, coba lagi. Disarankan dilakukan sebulan sekali atau sesuai kebutuhan untuk meningkatkan koneksi Internet. Pastikan menunggu hingga terhubung kembali dengan benar.

Dari pengaturan, akses via browser ke 192.168.1.1, login, buka Administrasi dan Pengaturan, klik Mulai Ulang, tunggu beberapa menit, lalu uji kembali koneksi Internet Anda.

Setel ulang router

Pilihan lainnya adalah mereset router, yang akan mengembalikan perangkat ke setelan pabrik. Ini berarti kehilangan kunci sandi, nama jaringan, dan firmware terbaru. Semua kembali ke awal, jadi Anda perlu konfigurasi ulang WiFi jika ingin mengubah nama atau kata sandi.

Dari perangkat

  • Cari lubang di belakang
  • Masukkan ujung pensil atau pena
  • Tahan selama sekitar 10 detik
  • Lampu akan menyala dan mati
  • Router akan mulai diatur ulang

Dari pengaturan

Lakukan tanpa menyentuh perangkat atau mencari benda tajam. Akses browser, buka 192.168.1.1, login dengan data pribadi. Buka Administrasi dan Pengaturan, klik Atur Ulang, tunggu beberapa menit untuk kembali ke pengaturan pabrik.

Optimalkan Koneksi WiFi: Pemilihan Saluran dan Tips Praktis

Pilih saluran WiFi terbaik untuk koneksi optimal. Beberapa router cari saluran sendiri, tapi bisa juga dipilih manual untuk hindari kepadatan. Lebih baik prioritaskan saluran 5GHz untuk stabilitas, tapi lihat juga apakah perangkat dan letak rumah kompatibel. Aplikasi seperti Wifi Analyzer bantu pilih saluran dengan grafik jaringan di sekitar kita. Kalau bisa, pilih saluran yang jarang dipakai untuk koneksi lebih baik.

Konfigurasikan server DHCP

Server DHCP secara otomatis berikan alamat IP, subnet mask, gateway, dan server DNS ke perangkat yang tersambung. Titik akses dan sistem operasi dikonfigurasi untuk mendapatkan IP dari server ini, meskipun dalam jangkauan yang berbeda. Namun, kita bisa atur agar alamat MAC terhubung dengan IP tetap dari server DHCP, penting untuk menghindari masalah saat membuka port router.

Buka port pada router Wifi

Port memperbaiki kinerja aplikasi yang terhubung ke server jarak jauh, berguna khususnya saat menggunakan klien torrent atau bermain game online. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini dapat meningkatkan rentan terhadap serangan.

Setiap aplikasi memiliki port khusus untuk berkomunikasi dengan server. Port 1024 pertama umumnya sudah digunakan oleh aplikasi dasar, jadi sebaiknya gunakan port yang lebih tinggi. Untuk membuka port, Anda perlu menghubungkan alamat IP PC dengan port yang digunakan oleh aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa alamat IP PC bisa berubah jika menggunakan server DHCP.

Buka port pada router fiber Yoigo

Ubah nama jaringan WiFi

Di pengaturan router, langkah awal ganti nama jaringan WiFi. Temukan opsi WiFi, ubah nama jaringan (SSID) dengan yang gampang diingat, dan klik simpan. Pakai nama yang sama jika router punya dua jaringan WiFi (2,4 dan 5 GHz) untuk kemudahan pengaturan otomatis.

Nonaktifkan WPS

Sistem WPS (WiFi Protected Setup) dirancang untuk memudahkan penambahan perangkat baru ke jaringan tanpa perlu memasukkan password.

Nonaktifkan WPS

Caranya simpel: tekan tombol di router selama 60 detik untuk buka jaringan WiFi bagi perangkat WPS. Pengguna cukup masukkan PIN 8 digit untuk konfirmasi akses. Sayangnya, sistem ini rentan. Banyak router tak batasi upaya akses PIN yang gagal, membuka peluang bagi penyerang mendapatkan akses tanpa izin dalam beberapa jam. Aplikasi pemecah sandi WPA atau WPA2 sering berhasil mendapatkan PIN WPS. Sebagai langkah keamanan, sebaiknya nonaktifkan WPS melalui pengaturan router dan tingkatkan keamanan jaringan WiFi.

Mengatur Jadwal WiFi dengan Mudah

Beberapa router punya fitur “Jadwal” untuk mengatur kapan WiFi aktif. Nyalakan di menu konfigurasi router dan ikuti langkah berikut:

  1. Jangka Waktu: Jadwalkan kapan WiFi aktif, termasuk setiap hari, hari kerja, akhir pekan, atau hari tertentu.
  2. Status: Aktifkan atau nonaktifkan sesuai kebutuhan.
  3. Nama: Beri nama seperti “Akhir Pekan” atau “Perjalanan.”
  4. Waktu: Tentukan waktu mulai dan berakhir.

Setelah atur parameter, simpan dan terapkan. Buat jadwal untuk akhir pekan, malam hari, perjalanan, dll. Router otomatis ikuti konfigurasi setelah restart. Untuk mengubah jadwal, edit atau hapus sesuai keinginan. Jadikan pengaturan WiFi lebih fleksibel sesuai gaya hidup.

Manfaatkan Port USB Router dengan Kreatifitas Anda

Rata-rata router punya port USB yang bisa bikin perangkatmu lebih canggih. Pastikan routermu support fitur ini sebelum mulai. Berikut beberapa cara kreatif manfaatkan port USB di router:

  1. Mengisi Daya Gadget: Isi daya perangkat tanpa repot mencari stopkontak. Meskipun mungkin tidak secepat charger khusus, tetapi bisa berguna saat alternatif daya lainnya terbatas.
  2. Hubungkan Printer Non-WiFi: Jika router mendukungnya, ubah printer biasa menjadi perangkat yang terhubung dengan internet. Praktis untuk mencetak tanpa kabel.
  3. Berbagi File: Bagikan file melalui USB atau hard drive. Meskipun mungkin lebih mudah dari PC, opsi ini berguna saat tidak ada pilihan lain. Pastikan file dapat diakses melalui opsi jaringan atau FTP.

Eksplor fitur di routermu, cari cara unik untuk maksimalkan potensi port USB-nya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin belajar cara menyetel WiFi, silakan kunjungi situs web kami atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Jika Anda ingin melakukannya sendiri, kami sudah menyediakan panduan langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti. Panduan ini mencakup informasi tentang cara mengubah nama dan password WiFi, cara membuat jaringan tamu, dan cara menambah keamanan jaringan Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara menyetel WiFi? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini dan kami akan dengan senang hati menjawabnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending