Connect with us

Tech

11 Penyebab WiFi Bersama Tidak Bisa Terhubung

Published

on

Mengapa saya tidak dapat terhubung ke Wi-Fi bersama
Mengapa saya tidak dapat terhubung ke Wi-Fi bersama

Akses internet di mana saja penting bagi banyak pengguna. WiFi dan seluler adalah dua cara utama untuk berinternet. Tapi tethering bisa bermasalah dan mengganggu koneksi. Artikel ini akan jelaskan cara mengatasi masalah tethering WiFi.

Keamanan dan Privasi

Berbagi WiFi dari ponsel berisiko data dan baterai cepat habis. Kita harus periksa keamanannya dulu sebelum online.

Apa yang harus diperhitungkan

Pastikan Wi-Fi yang kita gunakan aman sebelum terhubung. Jauhi jaringan terbuka yang asalnya tidak jelas. Lindungi data pribadi dengan memperbarui perangkat, mengikuti tips privasi, dan menggunakan kata sandi kuat. Buat kunci sandi untuk menjaga data dan privasi Anda dari akses ilegal.

Cara terbaik untuk menjaga keamanan saat berbagi WiFi

Melindungi diri dari risiko internet, terutama saat berbagi WiFi, sangatlah penting. Jaringan dari ponsel kita perlu diperhatikan keamanannya agar kita aman dan kinerjanya optimal. Saat berbagi WiFi, data kita bisa terlihat oleh orang lain. Jadi, ikuti tips keamanan dan privasi dasar.

Kata sandi yang kuat

Gunakan kata sandi kuat untuk jaringan WiFi dari ponsel. Pilih yang panjang dan beragam karakter. Kata sandi kuat lindungi jaringan dari penyusup.

Mengenai Autentikasi

Beberapa ponsel punya autentikasi dua faktor. Tambah keamanan dengan masukkan kode dari perangkat utama. Opsi lain: terima kode via SMS atau aplikasi.

Hindari Jaringan Tak Dikenal

Jauhi jaringan WiFi yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Aktifkan VPN untuk keamanan. Jangan terhubung ke jaringan palsu atau publik yang bisa curi data. Pakai VPN jika harus terhubung.

Gunakan VPN

Gunakan VPN untuk lindungi informasi pribadi yang dikirim. Alat ini efektif di jaringan publik. VPN pelindung koneksi dan informasi Anda. Pilih layanan VPN yang andal.

Pembaruan

Selalu perbarui perangkat dan aplikasi. Pembaruan perbaiki kerentanan, tingkatkan keamanan dan kinerja. Lakukan pembaruan secara teratur.

Mengapa Jaringan Bersama Tidak Terhubung?

Berbagi WiFi dari ponsel memudahkan akses Internet dimana saja, misalnya pakai laptop di kereta atau bus. Tapi, bisa ada masalah saat coba terhubung ke jaringan.

Koneksi Tersimpan, Namun Nama atau Kata Sandi Telah Diubah

Jika kita ganti kata sandi jaringan, Windows mungkin gagal menyambungkan koneksi yang tersimpan. Untuk mengatasinya, kita perlu menghapus jaringan itu dari komputer dan menyambungkannya kembali dengan kata sandi baru.

Caranya cukup mudah dari ponsel ke komputer:

  • Buka Startup Komputer.
  • Pilih pengaturan > jaringan dan Internet > WiFi.
  • Lihat jaringan yang tersedia.
  • Klik kanan jaringan yang diinginkan, pilih “Berhenti mengingat jaringan.”
  • Cari dan sambungkan lagi dengan menekan tombol. Isi kata sandi baru. Langkah ini bisa menghilangkan konflik dan menyambungkan jaringan.

Enkripsi Usang

Pastikan Wi-Fi Anda menggunakan enkripsi terbaru untuk mencegah penyusup. Sistem operasi mungkin menolak jaringan dengan enkripsi lama. Jika memungkinkan, ganti enkripsi Anda ke yang lebih modern, seperti WPA-2.

Enkripsi seperti WEP sangat rentan terhadap eksploitasi dan dapat membahayakan keamanan dan kinerja perangkat Anda. Cek dan perbarui enkripsi Anda. WPA-3 lebih aman untuk melindungi data internet Anda.

Atur Ulang Jaringan

Jika koneksi bermasalah, reset pengaturan jaringan ke default. Buka kontrol panel, pilih Jaringan dan Internet. Di Status, klik “Reset network” dan “Reset now.” Setelah restart, jaringan akan default. Jika tidak berhasil juga, coba solusi lain.

Masalah Kartu SIM

Kartu SIM mungkin penyebab masalahnya. Bug atau posisi kartu yang tidak sesuai bisa mengganggu proses berbagi Wi-Fi, tergantung pada jenis koneksi yang Anda bagikan.

1. Posisi Kartu:

Tempatkan kartu SIM dengan benar di slot, sesuai petunjuk perangkat.

2. Aktivasi Kartu:

Jika belum aktif, hubungi dukungan untuk mengaktifkan kartu. Prosesnya biasanya cepat dan mudah.

3. SIM Rusak:

Jika kartu SIM Anda rusak, hubungi penyedia layanan untuk mendapatkan kartu SIM yang baru. Periksa kondisi fisik kartu SIM Anda untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Tambahkan Koneksi Jaringan Secara Manual

Apabila Anda menghadapi masalah dengan jaringan tertentu, Anda dapat mencoba menambahkannya secara manual. Buka kontrol panel, pilih Jaringan dan Internet, lalu Jaringan dan Pusat Berbagi. Di sana, pilih “Sambungkan ke jaringan nirkabel secara manual.”

1. Pilih Opsi Manual:

Di Jaringan dan Pusat Berbagi, pilih “Sambungkan ke jaringan nirkabel secara manual.”

2. Masukkan Kredensial:

Isi kredensial yang dibutuhkan dan pilih jenis keamanan yang digunakan oleh jaringan.

Setelah mengisi informasi ini, periksa apakah koneksi sudah berfungsi dengan baik.

Lakukan pembersihan cache DNS

Cara login WiFi publik: bersihkan cache DNS di PC Anda.

  1. Pencet tombol Win + R bersamaan untuk menjalankan Command Prompt.
  2. Di jendela Run, tulis “cmd” & klik OK.
  3. Di Command Prompt, tulis “ipconfig /release” & tekan Enter.
  4. Selanjutnya, tulis “ipconfig /flushdns” dan klik Enter.
  5. Keluar dari Command Prompt, hidupkan kembali komputer, dan coba sambungkan ke Internet.

Ubah alamat DNS

Komputer biasanya mendapatkan alamat DNS dengan otomatis. Namun, terkadang Anda perlu mengatur alamat DNS dengan manual untuk menyelesaikan masalah Internet. Ini langkah-langkahnya:

1. Untuk melihat koneksi jaringan di Windows 10, buka Control Panel atau Jaringan dan Pusat Berbagi. Di sana, Anda akan menemukan semua koneksi jaringan yang tersedia di PC Anda.

2. Jika Anda menggunakan Jaringan dan Pusat Berbagi, aksesnya dengan menekan tombol Win + R, ketik ncpa.cpl, kemudian tekan Enter.

ncpa.cpl

Melalui cara-cara ini, Anda bisa atur DNS manual jika perlu.

Buka Network Connection, cari adaptor nirkabel. Klik kanan, pilih Properties.

Buka properti adaptor nirkabel, klik 2 kali Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4).

Properti 1, Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4)

Untuk mengubah pengaturan IP dan DNS, buka menu DNS, lalu pilih opsi “Gunakan alamat server DNS berikut,” sesuai dengan gambar di bawah ini. Setelah itu, isikan alamat DNS yang Anda inginkan di kolom yang tersedia:

Server DNS pilihan: 8.8.8.8
Server DNS alternatif: 8.8.4.4

Properti 2 dns WiFi

Tekan OK, restart PC. Cek koneksi publik di Windows 10.

Masalah Cakupan

Jika koneksi Anda lambat atau sinyalnya lemah, periksa jangkauan jaringan Anda. Pastikan perangkat Anda mendapatkan sinyal yang baik, terutama jika Anda berada di area yang kurang terjangkau.

1. Pilih Jaringan Terbaik:

Hubungkan perangkat Anda ke jaringan yang terbaik dan tersedia, dan bandingkan sinyalnya dengan perangkat lain.

2. Optimalkan Jenis Jaringan:

Atur ponsel atau router Anda untuk terhubung ke jaringan yang paling sesuai, seperti 5G atau 4G. Jika Anda jauh dari antena, pertimbangkan untuk menggunakan jaringan yang lebih luas, seperti 4G atau 3G.

3. Atur Router dengan Bijak:

Buat router Anda terhubung ke jaringan yang lebih luas, agar lebih mudah menemukan sinyal yang baik. Ini dapat meningkatkan kinerja perangkat Anda dan bahkan menghemat daya baterai.

Logo WiFi hijau

Kegagalan Perangkat Seluler

Ketika berbagi jaringan, periksa apakah ada kegagalan perangkat seluler yang dapat mengganggu koneksi Anda. Pastikan Anda menyelesaikan masalah-masalah berikut:

1. Perbarui Sistem Operasi:

Gunakan versi terbaru dari sistem operasi dan program yang terkait untuk menghindari kerentanan yang mungkin ada.

2. Jaga Keamanan Optimal:

Gunakan antivirus yang handal untuk melindungi perangkat Anda dari serangan atau file berbahaya yang dapat mempengaruhi koneksi Anda.

3. Perhatikan Kondisi Fisik:

Antena yang rusak atau usang dapat menyebabkan gangguan koneksi. Pastikan antena dalam kondisi baik, hindari benturan, dan perbarui jika diperlukan.

4. Pemulihan dengan Reboot:

Atasi kegagalan perangkat keras dengan mencoba memulai ulang perangkat secara paksa untuk memulihkan proses yang mungkin terganggu.

Penggunaan Firewall atau VPN

Firewall atau VPN bisa bikin konflik dan ganggu koneksi. Firewall bisa blokir koneksi bersama, VPN bisa sebabkan masalah konektivitas. Jika susah terhubung, matikan VPN atau firewall sebentar untuk sambung lagi dengan jaringan bersama.

Masalah Umum pada Hotspot Wi-Fi

  • Kelebihan Pengguna: Koneksi menjadi lambat dan latensi meningkat karena terlalu banyak pengguna.
  • Gangguan Sinyal: Sinyal menjadi tidak stabil karena terganggu oleh perangkat elektronik di sekitar.
  • Kelemahan Sinyal: Koneksi menjadi jelek karena terhalang oleh dinding atau benda lain.
  • Masalah Konfigurasi: Sulit menyambung ke jaringan karena kesalahan dalam mengatur keamanan, router, atau alamat IP.
  • Masalah Pengelolaan Pengguna: Kualitas layanan menurun karena tantangan dalam mengatur pengguna, misalnya membatasi bandwidth atau mencegah penyalahgunaan.
  • Pemeliharaan yang Buruk: Masalah berulang terjadi karena kurangnya pemeliharaan rutin, membutuhkan pembaruan perangkat lunak dan tindakan pemeliharaan untuk menjaga kinerja optimal.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending