Connect with us

Review

Review ASUS VivoWatch 5 AERO: Kecil dan Ringan!

Published

on

Review ASUS VivoWatch 5 AERO: Kecil dan Ringan!

ASUS VivoWatch 5 AERO merupakan gelang kebugaran yang ringan namun canggih. Gelang ini dapat mengukur EKG dan tekanan darah langsung dari pergelangan tangan Anda. Fitur ini sangat istimewa mengingat biasanya hanya tersedia pada smartwatch atau jam tangan kebugaran yang lebih besar dan berat. Mari kita bahas lebih detail tentang produk inovatif ini!

PERINGKAT PRODUK: 3.5/5

 

ASUS VivoWatch 5 AERO: Cocok untuk siapa?

ASUS VivoWatch 5 AERO cocok untuk:

1. Pemula yang ingin memantau kesehatan dan kebugaran mereka.
2. Pengguna yang menginginkan band kebugaran yang ringan dan kompak.
3. Individu dengan hipertensi dan masalah kesehatan jantung.

 

Pro dan kontra

Berikut adalah yang saya suka dari ASUS VivoWatch 5 AERO:

1. Desain ringan, kompak, dan nyaman saat dikenakan.
2. Pionir dalam band kebugaran dengan fitur pengukuran EKG dan tekanan darah.
3. Mengumpulkan berbagai data kesehatan yang bermanfaat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Pengukuran EKG dan tekanan darah hanya tersedia di beberapa wilayah.
2. Tingkat kecerahan layarnya bisa ditingkatkan.
3. Perangkat ini bisa memantau beberapa jenis olahraga, meski dalam skala terbatas.

 

Putusan

ASUS VivoWatch 5 AERO adalah band kebugaran dengan pengukuran EKG dan tekanan darah. Namun, fitur ini hanya tersedia di beberapa daerah yang memiliki sertifikasi medis. Bagi yang peduli dengan kesehatan jantung, ini bagus, tapi bagi pengguna yang aktif dalam olahraga, ada pilihan yang lebih baik.

 

Unboxing ASUS VivoWatch 5 AERO

Kotak ASUS VivoWatch 5 AERO berisi logo ASUS, nama produk, gambar smart band, stiker nomor seri, informasi pabrikan, dan kode QR aplikasi HealthConnect.

ASUS VivoWatch 5 AERO hadir dalam kotak karton putih

ASUS VivoWatch 5 AERO hadir dalam kotak karton putih

Isi dalam Kotak:

– Gelang pintar
– Dudukan pengisi daya
– Sikat pembersih gelang pintar
– Penutup karet pengisi daya
– Panduan pengguna
– Kartu garansi

Kotak VivoWatch 5 AERO ASUS berisi semua yang Anda butuhkan, termasuk aksesori penting. Sebelum menggunakan gelang ini, jangan lupa untuk mengisi daya dan membaca panduan penggunaan.

 

Desain dan spesifikasi perangkat keras

ASUS VivoWatch 5 AERO memiliki baterai 140 mAh yang tahan hingga 8 hari dengan mode hemat daya. Jam ini dilengkapi dengan chip GPS dan Bluetooth 4.2 untuk terhubung ke ponsel Anda. Dengan ketahanan air hingga 50 meter (5 ATM), Anda dapat menggunakannya saat berenang. Namun, sebaiknya hindari paparan air panas, sauna, atau menyelam. VivoWatch 5 AERO juga hadir dengan berbagai sensor canggih.

ASUS VivoWatch 5 AERO kecil dan ringan

Konektor pengisian daya dan sensor EKG dan PPG ada di bagian belakang. Meski sebaiknya pengukuran dilakukan di depan, Anda bisa melakukannya secara manual dengan jari Anda. Ini memiliki sertifikasi medis dan dapat merekam perbedaan listrik dengan akurat menggunakan Lead 1 ECG.

Sensor di bagian belakang

Sensor di bagian belakang

ASUS VivoWatch 5 AERO: Baterai 140 mAh, tahan 8 hari dengan mode hemat daya. Dilengkapi dengan chip GPS dan Bluetooth 4.2 untuk koneksi ke ponsel. Tahan air hingga kedalaman 50 meter (5 ATM), aman untuk berenang, tapi hindari air panas, sauna, atau menyelam. Berbagai sensor juga terdapat di dalamnya:

  • Sensor Elektrografi (EKG).
  • Sensor Photoplethysmography (PPG).
  • Pulse O2 sensor
  • G-Sensor atau akselerometer
ASUS VivoWatch 5 AERO memiliki sensor di bagian depan juga

ASUS VivoWatch 5 AERO juga dilengkapi dengan sensor di bagian depan.

Untuk informasi lebih detail mengenai spesifikasi ASUS VivoWatch 5 AERO (HC-C05), kunjungi laman resmi produk di https://www.asus.com/mobile-handhelds/wearable-healthcare/asus-vivowatch/asus-vivowatch-5-aero-hc-c05/.

ASUS VivoWatch 5 AERO merupakan smartwatch ramping dan ringan. Jam ini menjadi pelopor gelang pintar dengan sensor ECG dan PPG terintegrasi, yang mengutamakan pemantauan kesehatan Anda.

 

Menyiapkan dan menggunakan ASUS VivoWatch 5 AERO

Untuk menggunakan ASUS VivoWatch 5 AERO:

  1. Instal aplikasi ASUS HealthConnect.
  2. Isi daya band.
  3. Nyalakan Bluetooth.
  4. Hubungkan band.
  5. Masuk atau buat akun ASUS.
  6. Berikan izin.
Memulai dengan ASUS HealthConnect

Memulai dengan ASUS HealthConnect

Setelah mengatur aplikasi, data akan disinkronkan secara otomatis. Aplikasi juga akan memberi tahu Anda tentang pembaruan firmware, yang dapat memakan waktu lebih lama daripada pembaruan untuk band kebugaran lainnya.

Memperbarui firmware pada ASUS VivoWatch 5 AERO

Memperbarui firmware pada ASUS VivoWatch 5 AERO

Perbaruan di ASUS VivoWatch 5 AERO menawarkan fitur baru yang berguna bagi pengembang, tetapi tampilan dan pengaturannya terkadang kurang intuitif. Namun, bagi pecinta kebugaran, ada keuntungan besar karena ASUS HealthConnect dapat terhubung dengan layanan lain seperti Google Health Connect, Google Fit, dan Strava.

  • Tali jamnya kecil, ringan, dan nyaman.
  • Layarnya kurang terang di luar ruangan.
  • Notifikasinya terbatas.

ASUS VivoWatch 5 AERO: Sensor layarnya baik, pembacaan PTT butuh waktu sekitar 30 detik. Navigasi lancar, tapi saat berkeringat perlu menyeka jari terlebih dahulu. Fitur kesehatannya unik, tapi fitur olahraganya terbatas.

Menggunakan sensor untuk pembacaan PTT

Menggunakan sensor untuk pembacaan PTT

ASUS VivoWatch 5 AERO memiliki masa pakai baterai yang cukup baik. Dalam penggunaan normal, bisa bertahan hingga tiga hari sebelum perlu diisi daya lagi. Dengan mode hemat daya, masa pakai dapat diperpanjang hingga tujuh hari, meski dengan pengukuran otomatis yang lebih terbatas dan layar yang kurang terang. Disarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya saat baterai tersisa 20-25% guna memperpanjang masa pakai beberapa jam sebelum diisi ulang. Proses pengisian daya dari 0-50% membutuhkan sekitar 30 menit, sementara untuk pengisian penuh memerlukan waktu 75 menit.

Aspek personalisasi di ASUS VivoWatch 5 AERO terbatas. Meskipun aplikasi menyatakan ada 16 tampilan jam, hanya 13 yang benar-benar tersedia. Beberapa tampilannya menarik, namun sebagian besar terbatas karena layarnya tidak secerah seperti layar AMOLED.

ASUS VivoWatch 5 AERO hanya memiliki beberapa tampilan jam

ASUS VivoWatch 5 AERO hanya memiliki beberapa tampilan jam

ASUS VivoWatch 5 AERO menonjol dengan pengukuran EKG dan tekanan darah, namun aspek lainnya cukup standar. Cocok untuk pengguna yang suka analisis.

 

Fitur ASUS VivoWatch 5 AERO

ASUS VivoWatch 5 AERO memiliki keterbatasan dalam pelacakan olahraga. Pelacakan hanya dapat dimulai dari band itu sendiri, bukan dari aplikasi. Jenis aktivitas yang dapat dipantau meliputi jogging, treadmill, renang, jalan kaki, bersepeda, yoga, peregangan, core workout, menari, gym, dan sepeda statis.

Melacak olahraga dengan ASUS VivoWatch 5 AERO

Merekam aktivitas olahraga dengan ASUS VivoWatch 5 AERO.

Setelah berhenti melacak, data dapat dilihat di aplikasi ASUS HealthConnect. Meskipun informatif, tampilannya dapat lebih intuitif seperti pada pesaing seperti Fitbit, HUAWEI, atau Xiaomi.

Detail tentang lari yang dilacak dengan ASUS VivoWatch 5 AERO

Detail tentang lari yang dilacak dengan ASUS VivoWatch 5 AERO

Dalam fitur kesehatan, ASUS VivoWatch 5 AERO menawarkan:

1. EKG – merekam elektrokardiogram untuk mendeteksi masalah jantung.
2. Pulse Transit Time (PTT) Index – mengukur kekakuan arteri dan tekanan darah.
3. Grafik detak jantung dan tekanan darah harian (hanya di beberapa negara).
4. Pulse O2 (SpO2) – mendeteksi oksigen dalam darah untuk masalah kesehatan.
5. Tingkat De-stres – perkiraan tingkat stres harian dan mingguan.
6. Tidur – analisis tidur dan detak jantung selama tidur.
7. Health AI – memberikan tips kesehatan setelah satu minggu penggunaan.
8. Pelacakan Periode Wanita – wanita bisa memantau dan prediksi periode menstruasi.

Semua ini menambah nilai kesehatan band pintar ini.

Data kesehatan yang ditampilkan oleh ASUS HealthConnect

Data kesehatan yang ditampilkan oleh ASUS HealthConnect

ASUS VivoWatch 5 AERO, sebuah perangkat kebugaran pintar dengan kemampuan smartwatch yang simpel. Menerima notifikasi, mengontrol aplikasi, dan memberi peringatan panggilan, namun untuk menjawab panggilan tetap memerlukan ponsel. Dapat mengontrol pemutar musik termasuk Spotify saat berlari, serta menyediakan aplikasi dasar seperti alarm, stopwatch, dan timer.

Keunggulan utamanya terletak pada kemampuan pengukuran EKG dan tekanan darah, fitur langka di sebagian besar pelacak kebugaran, dengan catatan bahwa fitur ini hanya tersedia di beberapa negara.

 

Bagaimana pendapatmu tentang ASUS VivoWatch 5 AERO?

Sekarang, Anda sudah mengetahui preferensi saya. Sebelum kita selesai, saya ingin tahu pendapat Anda tentang pelacak kebugaran ini. Apakah Anda tertarik? Bagaimana penilaian Anda terhadap data yang diberikan? Silakan berikan komentar di bawah!

 

FAQ:

Apa itu EKG dan PPG?

Sensor EKG (elektrokardiogram) berfungsi untuk merekam aktivitas listrik jantung, sementara sensor PPG (fotopletismografi) mengukur volume darah menggunakan cahaya. Kedua sensor ini dapat memberikan informasi mengenai detak jantung, irama, dan tekanan darah Anda.

Bagaimana cara mengukur EKG dan tekanan darah dengan ASUS VivoWatch 5 AERO?

ASUS VivoWatch 5 AERO memungkinkan Anda mengukur EKG dan tekanan darah dengan dua metode: otomatis atau manual. Metode otomatis melibatkan memakai band di pergelangan tangan kiri dan menempelkan jari kanan ke sensor di bagian depan. Sementara metode manual memerlukan pemasangan band di pergelangan tangan mana saja dan menempelkan jari kiri dan kanan ke sensor di bagian belakang. Pastikan tetap diam selama pengukuran dan ikuti instruksi di layar.

Jenis olahraga yang dapat dipantau ASUS VivoWatch 5 AERO?

ASUS VivoWatch 5 AERO memantau berbagai jenis olahraga seperti berjalan, berlari, bersepeda, renang, dan latihan beban. Anda bisa memilih jenis olahraga melalui aplikasi ASUS HealthConnect atau langsung di band. Selama aktivitas, band akan merekam data seperti durasi, jarak, kecepatan, kalori, detak jantung, dan oksigen darah.

Apa saja fitur lain yang ditawarkan oleh ASUS VivoWatch 5 AERO?

ASUS VivoWatch 5 AERO menawarkan berbagai fitur kesehatan dan kebugaran, termasuk:

  • Monitor tidur: Mengukur kualitas tidur berdasarkan durasi, kedalaman, dan efisiensi tidur. Menampilkan data siklus tidur, denyut nadi, dan oksigen darah saat tidur.
  • Monitor stres: Mengukur tingkat stres berdasarkan variabilitas detak jantung. Dapat melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi stres.
  • Monitor energi: Mengukur tingkat energi berdasarkan aktivitas fisik, tidur, dan stres. Menampilkan waktu paling energik dan lemah dalam sehari.
  • Notifikasi pintar: Menampilkan notifikasi dari ponsel, seperti panggilan, pesan, email, dan media sosial. Fitur alarm, pengingat, dan cuaca juga tersedia di band.

Bagaimana cara merawat ASUS VivoWatch 5 AERO?

Merawat ASUS VivoWatch 5 AERO dengan langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan band secara teratur dengan sikat pembersih atau kain lembut. Hindari bahan kimia.
  • Jaga band tetap kering dan hindari air panas serta uap. Keringkan jika basah sebelum dipakai.
  • Gunakan penutup karet pengisi daya untuk melindungi konektor dari debu. Pastikan konektor bersih sebelum diisi daya.
  • Hindari suhu ekstrem, sinar matahari langsung, atau medan magnet. Jaga agar band tidak terjatuh atau tertekuk.
  • Jika ada masalah, hubungi pusat layanan ASUS atau tempat pembelian. Jangan coba perbaiki sendiri.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending