Connect with us

Review

Ulasan Gimbal Stabilizer Kit Hohem iSteady M6

Published

on

Sekelompok kamera, tripod, dan peralatan lainnya di atas meja.

Tingkatkan hasil film Anda dengan gimbal pintar Hohem iSteady M6 untuk rekaman lebih stabil dan professional, meningkatkan kualitas konten Anda secara signifikan.

 

Pendahuluan

 

Kelebihan

  • Batas berat gimbal dengan mudah menopang iPhone 14 Pro Max dengan lensa Moment dan filter.
  • Sensor penglihatan AI sangat berguna
  • Kontrol gerakan penglihatan AI responsif dan akurat
  • Dapat memutar ponsel 360 derajat dalam mode Inception dan 335 derajat dalam mode lainnya
  • Lampu pengisian magnetik memiliki berbagai pilihan warna dan suhu
  • Masa pakai baterai sepanjang hari
  • Mode Wide-angle menghilangkan penggunaan gimbal dalam pengambilan gambar Anda
  • Build quality yang kokoh

Kekurangan

  • Kurva belajarnya cukup curam, tetapi memiliki banyak fitur yang bisa dikuasai.
  • Mungkin tidak dapat menahan pengaturan smartphone yang sangat berat

Spesifikasi

  • Dimensi gimbal: 11,81 x 6,69 x 2,36 inci
  • Berat gimbal: 551g
  • Jangkauan Mekanik Pan: 360 Rotasi Tak Terbatas
    Roll: 335 Tilt: 335
  • Daya tahan baterai: 18 jam dalam kondisi terbaik, 6 jam dengan pelacakan AI terus menerus
  • Waktu untuk mengisi penuh: 3 jam
  • Muatan maksimum: 400g, 0,88 pon

Gimbal semakin digemari oleh pembuat konten karena kemampuannya meningkatkan kualitas video. Hohem iSteady M6, gimbal terjangkau untuk smartphone dengan sensor AI Vision, memberikan sentuhan sinematografi dramatis untuk konten yang lebih menarik. Saya sangat puas dengan gimbal ini dan akan terus menggunakannya. Mari kita lihat lebih dekat.

 

Kualitas Desain dan Build Quality

Gimbal dan telepon ditempatkan di atas meja kayu. Dalam kesederhanaan dan ke ringanan ini, terkandung potensi yang besar.

Hohem iSteady M6 dibuat dari plastik ringan dan kokoh dengan beragam fitur. Setelah beberapa hari menggunakan gimbal ini, saya masih menjelajahi fiturnya. Penting untuk memahami kontrolnya, namun desainnya sangat ramah pengguna, memungkinkan pengendalian dengan satu tangan tanpa mengorbankan stabilitas. Saya terkesan dengan perhatian pada desain Hohem iSteady M6 secara keseluruhan.

 

Berat dan Portabilitas

Seseorang menjepit ponsel dengan gimbal yang dipasang padanya.

Saya suka gimbal yang ringan dan responsif, dan Hohem iSteady M6 memenuhi kedua kriteria itu. Gimbal ini sangat ringan, namun responsif, bahkan saat digunakan untuk merekam video bergerak cepat.

Di sini terdapat kasing berwarna hitam yang memuat tripod dan gimbal di dalamnya.

Tas jinjing Hohem iSteady M6 aman dan lapang, ideal untuk menyimpan perlengkapan videografi seluler, termasuk lensa dan filter Moment.

 

Stabilitas dan Kapasitas Beban

Tripod gimbal dengan telepon di atasnya.

Hohem iSteady M6 sangat stabil, bahkan dengan beban berat. Saya dapat mengambil video yang halus dan jernih, meskipun teknik gimbal masih perlu ditingkatkan.

Tripod dengan telepon di sebelahnya.

Basis tripod yang kokoh dapat dengan mudah dilepas dan menggunakan sambungan berulir standar.

Tripod bawaan Hohem iSteady M6 serbaguna, bisa digunakan sebagai pegangan selfie, stabilisator bergerak, atau alat pelacakan real-time. Gimbal ini juga kompatibel dengan berbagai dudukan, termasuk dudukan lampu untuk pengambilan gambar setinggi mata.

 

Fitur dan Aksesoris

Kamera dilengkapi dengan lampu yang terpasang padanya.

Cahaya magnetik yang dipancarkan sangatlah kuat.

Hohem iSteady M6 memiliki berbagai fitur, namun saya ingin menyoroti beberapa yang menurut saya sangat berguna.

 

Fill Light

Kamera dengan lampu terpasang padanya.

Pilihan RGB membantu menciptakan efek yang keren dan meningkatkan pencahayaan sesuai keinginan Anda.

Lampu isi berfungsi sebagai sensor AI dan sumber cahaya terang dengan suhu warna dan RGB yang beragam. Cocok untuk pelacakan real-time dan pencahayaan dalam kondisi gelap.

 

Kontrol

Gimbal elektronik kecil dengan layar menu di atasnya.

Menu LED ini akan menjadi antarmuka utama Anda untuk gimbal ini.

Layar menu menghadap pengguna, dengan tombol merah di sebelah kanan untuk zoom dan perekaman. Pengguna memerlukan aplikasi iSteady M6 untuk mengoptimalkan tombol zoom dan rana. Tombol pergerakan gimbal terletak di sisi kiri, disertai tombol menu untuk akses mode gimbal.

  • PF (Pan Follow): Kunci sumbu tilt dan roll, memungkinkan gerakan kamera ke kiri atau kanan dengan mulus.
  • PTF (Pan & Tilt Follow): Kunci sumbu roll, memungkinkan gerakan kamera ke kiri, kanan, atas, dan bawah.
  • L (All Lock): Membekukan kamera pada posisinya saat ini.
  • POV (Semua gerakan axis): Gimbal mengikuti semua gerakan Anda.
  • S (Sport Mode): Mempercepat gerakan gimbal untuk bergerak lebih cepat tanpa mengorbankan stabilitas.
  • ICP (Inception Mode): Menciptakan putaran 360 derajat pada sumbu pan.
Kontrol gimbal dengan tampilan digital di atasnya.

Roda dapat diputar dan diklik untuk menggulir melalui opsi menu.

Roda besar di sebelah kiri digunakan untuk mengatur menu, termasuk cahaya pengisi. Tombol A dan B mengatur titik A dan B, dengan gimbal bergerak perlahan antara keduanya selama 1 menit. Durasi dapat diatur melalui aplikasi, cocok untuk efek selang waktu atau pergerakan kamera saat sendirian.

Sebuah gimbal dengan kontrol.

Pemicunya berfungsi dan terasa seperti joystick game.

Di bagian belakang, terdapat kunci untuk mengunci gimbal dan tombol pemicu. Tombol pemicu berfungsi untuk mengubah arah kamera serta mengaktifkan fitur lain seperti kalibrasi otomatis dan Mode Olahraga hanya dengan satu ketukan.

Tampilan dekat kontrol untuk gimbal.

Tombol daya, port pengisian daya USB-C, dan port berulir 1/4 standar.

Di sisi keempat gimbal, terdapat port pengisian daya dan tombol daya. Terdapat juga port berulir 1/4 yang dapat digunakan untuk aksesori berukuran besar atau berat, seperti mikrofon atau pencahayaan tambahan.

 

AI Vision Sensor dan Magnetic Fill Light

Smartphone dengan lampu yang terpasang padanya.

Sensor AI Vision menjadi fitur unggulan gimbal. Dengan pelacakan gerakan real-time, Anda dapat membuat video 360 derajat sendiri tanpa bantuan. Ideal bagi videografer solo yang tak perlu meminta bantuan lagi.

 

Catatan Singkat tentang Pelacakan AI

Anda bisa mengendalikan fitur pelacakan AI dengan gerakan tangan untuk memulai, menghentikan perekaman, dan mengatur ulang komposisi. Meskipun memerlukan waktu untuk terbiasa, saya merasa ini merupakan cara yang efisien dan lebih disukai dibanding menggunakan aplikasi atau perintah suara.

 

Aplikasi Hohem

Meskipun tidak wajib, sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi Hohem Joy bersama gimbal karena memiliki fitur canggih. Gimbal juga kompatibel dengan aplikasi kamera bawaan iPhone dan dapat digunakan dengan fitur pelacakan wajah di hampir semua aplikasi kamera. Aplikasi Hohem Joy memberikan kontrol yang lebih mendalam atas pengaturan gimbal, bahkan melebihi pengaturan kamera di aplikasi bawaan.

 

Kemudahan Penggunaan dan Pengaturan

Menggunakan gimbal untuk pertama kalinya bisa menantang. Disarankan membaca panduan pemilik dan panduan online sebelum mulai. Persiapannya sederhana: isi daya gimbal, pasang ponsel, dan tekan tombol power. Meskipun kontrol gimbal mungkin rumit pada awalnya, setelah mengenalnya, penggunaannya menjadi lebih mudah.

 

Bagaimana Saya Menguji Hohem iSteady M6

Seorang pria memegang ponsel dengan gimbal terpasang padanya.

Ulasan saya tentang Hohem iSteady M6 berdasarkan pengujian dunia nyata. Gimbal ini mampu menampung semua lensa dan filter Moment di ponsel saya, termasuk iPhone 14 Pro Max dengan lensa dan filter Moment 67 mm.

Saya menguji gimbal ini dalam situasi nyata dengan pengambilan gambar light rail dan pemandangan kota. Meskipun memerlukan sedikit pelatihan, iSteady M6 mampu menstabilkan ponsel saya, bahkan dalam kondisi pengambilan gambar yang kurang ideal.

Fitur pelacakan AI-nya juga saya coba dalam pencahayaan rendah, dan saya yakin ini akan menjadi bagian penting dari peralatan videografi saya.

Alternatif

Gimbal ponsel adalah konsep relatif baru. Selain Hohem iSteady M6, ada tiga gimbal alternatif yang perlu dipertimbangkan untuk melengkapi peralatan videografi Anda.

  • DJI Osmo SE: Gimbal anggaran setengah harga Hohem iSteady M6, fitur lebih sederhana.
  • DJI Osmo: Versi lain dari Osmo SE, beberapa daya tarik, kualitas build mungkin kurang dari Hohem.
  • Zhiyun: Lebih tahan lama, baterai lebih baik, lampu pengisian terbatas, cengkeraman kurang stabil dibandingkan Hohem iSteady M6. Pesaing terdekat Hohem.

Banyak gimbal terjangkau di pasaran, sekitar $15 hingga $25 di toko online. Gimbal-gimbal ekonomis ini memiliki peningkatan fitur mirip tongkat selfie. Saya merekomendasikan iSteady M6 atau salah satu alternatif ini daripada opsi yang kurang tahan lama dan stabil.

 

Harga dan Keuntungan:

Hohem iSteady M6 tersedia dalam dua versi: versi dasar seharga Rp2.100.000 dan versi lengkap seharga Rp2.600.000. Versi lengkap mencakup sensor AI Vision yang sangat berharga, jadi saya sarankan memilihnya. Gimbal ini menawarkan fitur profesional dengan harga yang terjangkau.

 

FAQ

Berapa harga gimbal M6?

Hohem iSteady M6 seharga sekitar Rp2.600.000. Ada versi yang lebih murah tanpa sensor AI Vision dan paket cahaya pengisi, sekitar Rp2.100.000.

Berapa masa pakai baterai gimbal iSteady M6?

iSteady M6 punya baterai 18 jam ideal, 6 jam dengan AI vision sensor. Untuk hemat baterai, gunakan fitur AI hanya saat diperlukan.

 

Kesimpulan

Hohem iSteady M6, gimbal smartphone profesional yang terjangkau dan andal, menawarkan stabilitas dan kontrol luar biasa untuk videografi seluler Anda. Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti pelacakan AI, cahaya isi daya, dan layar OLED, gimbal ini ideal untuk vlogger, pembuat konten, dan siapa saja yang ingin meningkatkan kualitas video mereka.

Jika ada pertanyaan tentang iSteady M6 atau fotografi ponsel, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Saya akan dengan senang hati menjawabnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending